Jenis – Jenis Pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi dan menurut jenis barangnya.Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.Jenis-Jenis PasarJenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
Postingan populer dari blog ini
LATIHAN SOAL MARKETING
1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan 2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb: a. Measurable b. subtantial c. Accesible d. Diferentiable Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut 3 Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada: a. Preferensi Pelanggan b. Sensitifitas harga Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya . 4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan a. Demografis b. Geografis 5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar. JAWABAN 1. - Pengertian Segmentasi Pasar Segmentasi pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda. Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-b
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. Faktor penetapan Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu: Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen : Variabel geografi Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim . Variabel demografi Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lainnya. Variabel psikologis Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingka
Komentar
Posting Komentar