LATIHAN SOAL MARKETING

 1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan

  2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb: 
   a. Measurable  
   b. subtantial   
   c. Accesible    
   d. Diferentiable    
 Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

 3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:   
  a. Preferensi Pelanggan     
  b. Sensitifitas harga     
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi      tersebut berikan contohnya

. 4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan   
   a. Demografis  
   b. Geografis

 5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.

                                    JAWABAN

1.
    -Pengertian Segmentasi Pasar Segmentasi pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda. Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, lokasi, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.


Tujuan Segmentasi Pasar Tujuan segmentasi pasar adalah:
-pasar lebih mudah dibedakan
-pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
-strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
-menganalisis pasar

2.
  •   Measurable (Terukur) Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini).
  •  Substantial (Substansial) Sederhananya, tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek.
  •  Accessible (Dapat diakses) Ketika melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana audiens  dapat mengakses informasi tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan departemen pemasaran perusahaan Anda.
  •  Differentiable (Dapat dibedakan) Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah heterogen.
3.
  • Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan.
 Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
  • Sensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk.
 Misalnya, konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.

4.
  • Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi.Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.
  • Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi.Pada segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.
5.
     Segmentasi pasar : penggelompokan pasar menjadi berkelompok yang homogen dimana setiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar dituju dan
     Analisa pasar         : untuk membantu management mendefinisikan siapa aja yang akan mengrogoti pasar produknya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEGMENTASI PASAR