CARA MEMBUAT ANALISA PASAR
1
Identifikasi pasar sasaran Anda. Pertama-tama, Anda
harus menentukan kepada siapa produk atau jasa perusahaan ingin ditawarkan.
Hebat sekali jika seluruh dunia menginginkan produk atau jasa Anda, tetapi hal
tersebut tentu tidak realistis. Sebagai contoh, jika Anda memproduksi komponen
mobil, artinya pasar sasaran Anda adalah orang-orang yang memiliki atau
menangani mobil. Namun, jika Anda adalah musisi yang khusus berkecimpung di
musik anak-anak, pasar sasaran Anda adalah orang tua yang memiliki anak-anak
kecil, atau bahkan anak-anak itu sendiri. [1]
·
Identifikasi pasar sasaran akan membantu Anda menentukan cara
beriklan dan memaksimalkan nilai sumber daya pemasaran.
2
Gunakan berbagai sumber daya. Ada banyak sumber
daya di internet yang tepercaya karena berasal dari berbagai sumber pemerintah.
Di AS
beberapa sumber yang dapat diandalkan di antaranya: [2]
·
U.S. Census Bureau, www.census.gov
·
www.business.gov, yang berisi tautan menuju data-data terkait
bisnis dalam lingkup negara bagian dan nasional.
·
Bureau of Labor Statistics, www.bls.gov
3
Pelajari pasar sasaran secara demografis. Identifikasi
pasar sasaran membantu Anda memfokuskan sumber daya pemasaran dan meningkatkan
laba secara keseluruhan. Tujuan identifikasi bukan untuk mengesampingkan siapa
pun, melainkan mengenali pasar yang berpeluang besar menjadi pelanggan. Karakteristik demografis
terdiri dari usia, gender, status perkawinan, ukuran keluarga, penghasilan,
tingkat pendidikan, ras, dan agama. [3]
·
Informasi demografis biasanya dapat ditemukan di internet
berupa kompilasi berbagai laporan dari pemerintah pusat. Anda bisa mencoba
mencari data di pangkalan data Badan Pusat Statistik di https://www.bps.go.id/
·
Jika Anda memasarkan produk atau jasa ke bisnis lain,
informasi demografis juga terdiri dari lokasi bisnis terkait, banyaknya cabang
yang dimiliki, pendapatan tahunan, jumlah karyawan, industri, dan seberapa lama
unit bisnis telah berjalan. Biasanya Anda bisa mengumpulkan data ini dari
laporan keuangan tahunan perusahaan yang dipublikasikan kepada umum. Coba
kunjungi situs perusahaan terkait, situs Bursa Efek Indonesia, atau hubungi
langsung perusahaan untuk memperoleh laporan keuangan bisnis terkait.
84
Jabarkan psikografis pasar sasaran Anda. Informasi
psikografis menjelaskan perilaku, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai audiensi
Anda. Biasanya informasi ini menjawab pertanyaan “kenapa?” Kenapa seseorang
membeli sesuatu? Kenapa seseorang kembali ke suatu toko tertentu? Riset
psikografis terdiri dari tahap keluarga, hobi dan minat, jenis hiburan yang
digeluti, dan gaya hidup pasar sasaran Anda. [4]
·
Informasi psikografis sering kali ditemukan di dalam survei
atau grup fokus. Meskipun Anda bisa mencarinya sendiri, sebaiknya gunakan jasa
perusahaan riset pemasaran untuk membantu menyusun struktur survei, memilih
kata-kata untuk pertanyaan dengan cermat, dan terlibat dengan grup fokus dengan
cara yang efektif. [5]
·
Untuk bisnis, informasi psikografis dapat menyertakan nilai
atau moto, bagaimana penampilan perusahaan di hadapan pelanggan, dan seberapa
formal/informal lingkungan kerjanya. Anda bisa mengumpulkan sebagian informasi
ini dari observasi mandiri saat mengunjungi toko, atau dengan membaca ulasan
situs bisnis terkait. Anda juga bisa mengulas laporan keuangan tahunan lewat situs BEI.
5
Pahami pasar sasaran secara perilaku. Informasi perilaku
akan membantu Anda memahami alasan seseorang memilih suatu produk atau jasa
dibandingkan produk atau jasa lainnya. Informasi ini juga terdiri dari seberapa
sering pasar sasaran membeli, jumlah dan cara membeli produk atau jasa, apakah
penggunaan produk atau jasa berkaitan dengan acara tertentu, dan seberapa lama
pelanggan memutuskan untuk membeli produk. Dengan memanfaatkan sumber daya di
internet, pemasaran berdasarkan perilaku dapat menjadi alat yang kuat dengan
mengincar calon pelanggan secara individu. [6]
·
Tentukan seberapa penting loyalitas merek atau perusahaan
kepada pasar sasaran.
·
Cari tahu apakah audiensi lebih mengutamakan kemudahan, harga
yang terjangkau, atau kualitas.
·
Gunakan survey pasar untuk mengetahui cara pasar sasaran Anda
biasanya membayar produk atau jasa.
·
Tanyakan apakah pelanggan lebih memiliki interaksi antarmuka
atau belanja daring.
·
Untuk data jenis ini, Anda mungkin perlu melaksanakan
penelitian sendiri atau menggunakan bantuan jasa perusahaan riset. [7]
Komentar
Posting Komentar